Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian pesat, peranan
Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi badan usaha. Kualitas
sumber daya manusia organisasi sangat menentukan sukses atau gagalnya
pencapaian tujuan organisasi.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya organisasi yang paling
vital dan diakui sebagaiasset yang paling berharga bagi badan usaha.
A. PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses
menangani berbagai masalah
pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga
kerja lainnya untuk dapat
menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen
sumber daya manusia atau
dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
Menurut A.F. Stoner
manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang
berkelanjutan yang bertujuan
untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan
orang-orang yang tepat untuk
ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat
organisasi memerlukannya.
Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
(MSDM) menurut para ahli:
1. Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga
kerja agar efektif dan
efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan
masyarakat.
2. Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian,
pemberian balasan jasa
dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau
kelompok bekerja.
MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan,
penyusunan
personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi
kerja, kompensasi karyawan
dan hubungan perburuhan yang mulus.
Model Manajemen Sumber Daya Manusia :
·
Model Klerikal
·
Model Hukum
·
Model Finansial
·
Model Manjerial
·
Model Humanistik
·
Model Ilmu Perilaku
B. ASPEK PENGEMBANGAN SDM
·
Aspek kuantitas yang
mencakup jumlah SDM yang tersedia atau penduduk,
·
Aspek kualitas yang
mencakup kemampuan SDM baik fisik maupun non fisik atau kecerdasan dan mental
dalam melaksanakan pembangunan.
C. BEBERAPA CARA YANG DILAKUKAN DALAM HALPENGEMBANGAN
SDM
·
Melakukan pelatihan-pelatihan
·
Memberikan reward bagi karyawan yang kerjanya mencapai target
yang diberikan oleh perusahaan.
·
Meningkatkan kompetensi individu karyawan pada perusahaan
tersebut
D. BEBERAPA TUJUAN DILAKUKANNYA PELATIHAN
·
Meningkatkan pengetahuan karyawan dalam hal budaya dan pesaing
mancanegara yang diperlukan untuk sukses di pasar internasional.
·
Membantu meyakinkan bahwa karyawan memiliki keterampilan dasar
dalam teknologi atau komputer.
·
Membantu karyawan dalam memahami bagaimana bekerja dengan
efektif untuk meningkatkan kualitas produk.
·
Menekankan budaya organisasi dalam inovasi,kreatifitas dan
pembelajaran.
KESIMPULAN
·
Masalah SDM dalam suatu perusahaan sangatlah bervariasi, maka
dari itu suatu perusahaan harus mengetahui apa kekurangan dan kelemahan dari
SDMnya sendiri.
·
Pelatihan SDM bertujuan untuk meningkatkan skill dari karyawan
tersebut mulai dari teori, perilaku kerja, dan pemikirannya.
Sumber:
http://hildaagustina.blogspot.com/2012/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.htmlhttp://intanayudew.blogspot.com/2013/12/softskill-kelompok-1-bagian-ketiga.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar